Ardianto, David and , Dr. Nafron Hasjim (2014) Nilai-Nilai Edukasi Dalam Novel Akar Karya Dewi Lestari: Tinjauan Sosiologi Sastra Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (70kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan latar belakang sosial budaya, struktur pembangun, dan nilai edukasi yang terdapat dalam novel Akar karya Dewi Lestari dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pustaka dan selanjutnya menggunakan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode dialektik . Hasil yang diperoleh pada penelitian yaitu (1) Unsur pembangun novel Akar yang meliputi: a) Tema yang digambarkan adalah perjuangan dan semangat dalam menemukan kesejatian diri, b) Tokoh utama yaitu Bodhi serta tokoh tambahan, yaitu Guru Liong, Tristan, Kell, dan Bong, c) Alur yang digunakan adalah alur sorot balik/mundur (flash back), dan d) Latar yang ditampilkan terdiri dari latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. (2) Nilai edukasi yang terkandung dalam novel Akar meliputi: a) nilai penghargaan digambarkan dengan memberikan sesuatu sebagai rasa hormat kepada seseorang, b) nilai cinta yang ditunjukkan melalui cinta dan kasih sayang terhadap sesama, c) nilai toleransi digambarkan dengan menghargai perbedaan individu, d) nilai kerja sama ditunjukkan dengan bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama, dan e) nilai kebebasan digambarkan dengan terbebasnya pikiran negatif seseorang. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sastra di SMA sesuai SK membaca yaitu memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan dan KD menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai edukasi, struktur novel Akar, sosiologi sastra |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 07:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29504 |
Actions (login required)
View Item |