Aspek Motivasi Pada Novel Perjalanan Menuju Langit Karya Muhammad Muhsin Lahajji Dan Implementasinya Di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra

Setyastuti, Susilo and , Dr. Nafron Hasjim and , Drs. Adyana Sunanda (2014) Aspek Motivasi Pada Novel Perjalanan Menuju Langit Karya Muhammad Muhsin Lahajji Dan Implementasinya Di SMA: Tinjauan Psikologi Sastra. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (490kB)
[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (896kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan struktur yang membangun novel Perjalanan Menuju Langit karya Muhammad Muhsin Lahajji, (2) memaparkan aspek motivasi yang terkandung dalam novel Perjalanan Menuju Langit karya Muhammad Muhsin Lahajji, (3) mendeskripsikan implementasi hasil penelitian novel Perjalanan Menuju Langit karya Muhammad Muhsin Lahajji sebagai materi pembelajaran sastra Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam mengkaji novel Perjalanan Menuju Langit karya Muhammad Muhsin Lahajji adalah metode deskriptif kualitatif dengan strategi embedded and case study (studi kasus terpancang). Objek penelitian ini adalah aspek motivasi dalam novel Perjalanan Menuju Langit karya Muhammad Muhsin Lahajji. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Validitas data menggunakan trianggulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data secara pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis aspek motivasi dengan mnggunakan pendekatan psikologi sastra, aspek motivasi yang terdapat dalam novel Perjalanan Menuju Langit karya Muhammad Muhsin Lahajji yaitu aspek motivasi pencapaian, aspek motivasi kekuasaan, dan aspek motivasi hubungan. Aspek motivasi pencapaian dalam novel Perjalanan Menuju Langit terdapat motivasi pencapaian dalam keberhasilan belajar, keberhasilan dalam usaha, dan keberhasilan dalam membina rumah tangga. Aspek motivasi kekuasaan dalam novel ini terdapat motivasi kekuasaan yang dimiliki Amak Mia anak tertua dalam keluarga, motivasi kekuasaan yang dimiliki Om Akmal sebagai pemilik perusahaan batubara, dan motivasi kekuasaan yang dimiliki Alfi sebagai pemilik toko besar servis komputer. Di dalam novel Perjalanan Menuju Langit terdapat motivasi hubungan. Motivasi hubungan yang diberikan Tila kepada Alfi sebagai seorang sahabat, motivasi hubungan yang diberikan Om Akmal kepada Alfi sebagai keluarga. Motivasi hubungan yang diberikan Ipung dan Gusrial kepada Alfi sebagai hubungan baik seorang karyawan kepada atasannya. Implementasi hasil penelitian novel Perjalanan Menuju Langitkarya Muhammad Muhsin Lahajji dalam pembelajaran apresiasi sastra di SMA didasarkan pada standar kompetensi membaca yang termuat dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI. Kompetensi dasar 7.2 Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia / terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, psikologi sastra, dan implementasi pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jun 2014 10:40
Last Modified: 19 Oct 2021 11:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29485

Actions (login required)

View Item View Item