Bahasa Figuratif Novel Cinta Di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMP

Siswanti, Wahyu and , Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M, M.Hum (2014) Bahasa Figuratif Novel Cinta Di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMP. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (577kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tiga masalah. (1) Latar sosiohistoris Andrea Hirata sebagai pengarang novel Cinta di Dalam Gelas (2) Pemanfaatan bahasa figuratif meliputi majas, idiom, dan peribahasa dalam novel Cinta di Dalam Gelas (3) Implementasi bahasa figuratif yang meliputi majas, idiom, dan peribahasa dalam novel Cinta di Dalam Gelas pada pembelajaran sastra di SMP. Tujuan penelitian ini ada tiga. (1) Mendeskripsikan latar sosiohistoris Andrea Hirata sebagai pengarang novel Cinta di Dalam Gelas (2) Mendeskripsikan dan menjabarkan pemanfaatan bahasa figuratif yang meliputi majas, idiom, dan peribahasa dalam novel Cinta di Dalam Gelas dengan tinjauan stilistika (3) Mengimplementasikan bahasa figuratif dan pemaknaannya dalam pembelajaran sastra di SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan melalui model pembacaan semiotik, yakni pembacaan heuristik dan pembacaan hermeneutik. Hasil penelitian ini ada tiga. (1) latar sosiohistoris Andrea Hirata sebagai seorang sastrawan yang berasal dari negeri Belitung. Karya-karya yang ditulisnya memiliki ciri khas yakni penggunaan majas yang menonjolkan kesan metafora dan bergaya ironi serta pemilihan diksi bernuansa ilmiah. Karya-karyanya antara lain Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Endensor, Sebelas Patriot dan Cinta di Dalam Gelas. (2) Pemanfaatan bahasa figuratif yang terdapat di dalam novel Cinta di Dalam Gelas meliputi majas, idiom, dan peribahasa. Bahasa figuratif yang paling dominan adalah idiom. Namun majas yang juga banyak ditemukan adalah personifikasi. (3) Implementasi pemanfaatan bahasa figuratif dalam pembelajaran sastra di SMP, utamanya di kelas 8 dengan standar kompetensi dasar memahami unsur intrinsik novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: bahasa figuratif novel Cinta di Dalam Gelas, stilistika, implementasi pembelajaran sastra
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2014 10:36
Last Modified: 19 Oct 2021 15:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29435

Actions (login required)

View Item View Item