, Purwaningsih and , Dr. Suyatmini, M.Si and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Kompetensi Pedagogik Guru Bersertifikat Pendidik di SMP Negeri 1 Selogiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Pulikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (243kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (794kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Bab_6.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kemampuan guru bersertifikat pendidik dalam hal : (1) pemahaman karakteristik peserta didik (2) pengembangan dan pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (3) pengembangan potensi peserta didik (4) pelaksanaan evaluasi dan tindak lanjut di SMP Negeri 1 Selogiri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara , observasi dan dokumentasi dengan sumber data kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru bersertifikat pendidik dan siswa SMP Negeri 1 Selogiri. Teknik analisa data meliputi reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini adalah Kemampuan guru bersertifikat pendidik dalam pemahaman karakteristik peserta didik di SMP Negeri 1 Selogiri bersifat permanen dan temporer. Kemampuan guru bersertifikat pendidik dalam pengembangan dan pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SMP Negeri 1 Selogiri ditunjukkan dengan guru dapat menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai standar proses. Upaya yang dilakukan Kepala Sekolah dalam menerapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sesuai standar proses dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan dengan cara mengadakan pelatihan berbentuk MGMP, workshop, seminar, diskusi, pelatihan implementasi kurikulum, dan pelatihan manajemen kelas. Kemampuan guru bersertifikat pendidik dalam pengembangan potensi peserta didik di SMP Negeri 1 Selogiri Wonogiri dalam hal mengelola pembelajaran telah sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai siswa, kontekstual, berorientasi pada siswa, menggunakan bahasa lisan dan tulis dengan lancar dan benar, dan melaksanakan evaluasi akhir sesuai dengan kompetensi siswa. Dalam memanfaatkan teknologi pembelajaran, para guru telah menggunakan media sesuai dengan Kompetensi Dasar dan membuat siswa aktif. Kemampuan guru bersertifikat pendidik dalam pelaksanaan evaluasi dan tindak lanjut di SMP Negeri 1 Selogiri ditandai dengan keterlibatan guru-guru dalam menentukan penilaian program kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Pedagogik, Guru Bersertifikat Pendidik |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 07:24 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29411 |
Actions (login required)
View Item |