Upaya Mengembangkan Kemandirian Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Anak TK Piveri Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Sunarsi, Sunarsi and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2014) Upaya Mengembangkan Kemandirian Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Anak TK Piveri Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (414kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (893kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemandirian anak melalui metode bermain peran makro di Taman Kanak-kanak Piveri Masaran Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Piveri Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Kemandirian anak anak Taman Kanak-kanak Piveri Masaran Sragen pada siklus I dinyatakan tuntas ada 7 anak dari 15 anak (46,67 %), sedangkan yang belum tuntas ada 8 anak dari 15 anak (53,33 %). Kemandirian anak anak Taman Kanak-kanak Piveri Masaran Sragen pada siklus II dinyatakan tuntas ada 15 anak dari 15 anak (100 %), sedangkan yang belum tuntas ada 0 anak dari 15 anak (0 %). Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui pembelajaran dengan metode bermain peran makro dapat meningkatkan kemandirian anak sejak dini di Taman Kanak-kanak Piveri Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengembangkan kemandirian , Metode bermain Peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 May 2014 09:05
Last Modified: 20 Oct 2021 01:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29023

Actions (login required)

View Item View Item