Sunarsi, Sunarsi and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2014) Upaya Mengembangkan Kemandirian Melalui Metode Bermain Peran Makro Pada Anak TK Piveri Masaran Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (414kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (137kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (399kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (893kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemandirian anak melalui metode bermain peran makro di Taman Kanak-kanak Piveri Masaran Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah seluruh anak yang berada di Taman Kanak-Kanak Piveri Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi partisipan, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Kemandirian anak anak Taman Kanak-kanak Piveri Masaran Sragen pada siklus I dinyatakan tuntas ada 7 anak dari 15 anak (46,67 %), sedangkan yang belum tuntas ada 8 anak dari 15 anak (53,33 %). Kemandirian anak anak Taman Kanak-kanak Piveri Masaran Sragen pada siklus II dinyatakan tuntas ada 15 anak dari 15 anak (100 %), sedangkan yang belum tuntas ada 0 anak dari 15 anak (0 %). Berdasarkan keterangan di atas maka dapat dibuat suatu kesimpulan sebagai berikut: Melalui pembelajaran dengan metode bermain peran makro dapat meningkatkan kemandirian anak sejak dini di Taman Kanak-kanak Piveri Masaran Sragen tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mengembangkan kemandirian , Metode bermain Peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 May 2014 09:05 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/29023 |
Actions (login required)
View Item |