Upaya Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Kelompok B Melalui Bermain Seni Rupa Di TK Pertiwi 1 Musuk Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Marsini, Marsini and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Kelompok B Melalui Bermain Seni Rupa Di TK Pertiwi 1 Musuk Sambirejo Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (656kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk Meningkatkan Kreativitas Anak melalui Bermain Seni Rupa pada Anak Kelompok B di TK Pertiwi 1 Musuk, Sambirejo, Sragen Tahun Ajaran 2013/2014Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian ditetapkan pada siswa Kelompok B TK Pertiwi 1 Musuk Kecamatan Sambirejo Kabupaten Sragen dengan jumlah 26 anak, terdiri dari 14 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan deskripsi hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kreativitas siswa dari masing masing siklus yaitu pada siklus 1 dari 26 jumlah anak yang berkembang sesuai harapan ada 14 anak (53,85%) sedangkan yang berkembang sangat baik ada 2 anak (7,69%). Sehingga jumlah anak yang mencapai indikator ketuntasan pada penelitian ini yaitu minimal berkembang sesuai harapan ada 16 anak atau 61,54% . Pada Siklus 2, anak yang berkembang sesuai harapan 10 anak (38,46%) sedangkan yang berkembang sangat baik ada 11 anak (42,31%). Sehingga jumlah anak yang mencapai indikator keberhasilan telah mencapai 21 anak atau 80,77%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka hipotesis dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan metode bermain Seni Rupa mampu meningkatkan kreativitas anak kelompok B di TK Pertiwi 1 Musuk, Sambirejo, Sragen Tahun Ajaran 2013/2014 dan memberikan kontribusi yang positif terhadap kegiatan di Taman Kanak Kanak (TK).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Kreativitas, Bermain Seni rupa,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 08:06
Last Modified: 19 Oct 2021 17:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28950

Actions (login required)

View Item View Item