Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Media Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Wonorejo I Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014

Sutami, Sutami and , Dra. Sri Gunarsih, SH., M.H. (2014) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Media Cerita Bergambar Pada Anak Kelompok B Di TK Wonorejo I Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (639kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (305kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (789kB)

Abstract

Rumusan Penelitian apakah melalui media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B di TK I Wonorejo Kecamatan Kedawung Kabupaen Sragen Tahun 2013/2014. Tujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui media cerita bergambar dalam pembelajaran. Metode penelitian adalah kualitaif Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang biasa disingkat PTK, dalam rangka memecahkan masalah. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh anak kelompok B TK I Wonorejo Kecamatan Kedawung Kabupaen Sragen Tahun 2013/2014. Jumlah anak kelompok B tersebut adalah 20 anak. Peneliti bertindak sebagai guru kelas. Penelitian ini mengambil penelitian pembelajaran kemampuan bahasa anak melalui media cerita bergambar di Taman Kanak – kanak. Hasil Penelitian kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita dengan media bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pada kemampuan anak dilihat pada pedoman observasi dari sebelum tindakan sampai siklus III yakni sebelum tindakan/pra silus mendapat hasil 37,81 %, siklus I mencapai hasil 49,69 % ,pada siklus II mencapai hasil 59,38 %, dan siklus III mencapai hasil 74,69 %. Hasil ini melebihi dari target penelitian yang mentargetkan 70 % keberhasilan dari tindakan I (siklus I), tindakan (siklus II), dan tindakan III (siklus III ), dengan kegiatan bercerita yang berbeda.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan. Bahasa, Cerita Bergambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 07:53
Last Modified: 19 Oct 2021 17:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28949

Actions (login required)

View Item View Item