Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di RA Alhidayah I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Istanti, Yuli and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di RA Alhidayah I Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HalamaN Depan)
COVER.pdf

Download (446kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
jurnal_publikasi.pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui metode bermain perandi RA Al Hidayah I Masaran, Sragen. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subyek penelitian adalah anak kelompok B sebagai penerima tindakan dan guru sebagai pemberi tindakan.Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data melalui data interaktif yang digunakan untuk menganalisis data kegiatan bermain peran dan data komparatif digunakan untuk menganalisis data kemandirian anak, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak melalui metode bermain peran . Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan prosentase kemandirian anak, yakni sebelum tindakan 42,65%, peningkatan siklus I 64,05% peningkatan siklus II 72%. Peningkatan siklus III dengan prosentase 87,15 %. Dengan demikian kesimpulan peneliti bahwa dengan metode bermain peran dapat meningkatkan kemandirian anak di RA Al Hidayah Masaran, Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Anak, Metode Bermain Peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 May 2014 06:49
Last Modified: 19 Oct 2021 17:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28941

Actions (login required)

View Item View Item