Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Time Token Arends Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas V SD Negeri Grogol 01 Tahun 2013/2014

Fitriana, Risty Indah and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Time Token Arends Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas V SD Negeri Grogol 01 Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (331kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
09_LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Grogol 01 tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Grogol 01 dan objek penelitiannya adalah keterampilan berbcara siswa kelas V SD Negeri Grogol 01. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif interaktif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, pemaparan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara siswa pada akhir siklus II mencapai 92,59% dari kondisi awal yaitu 18,52%. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) Berani berbicara meningkat menjadi 96,30%, 2) Menggunakan struktur kalimat yang tepat sebesar 88,89%, 3) Menggunakan ketepatan pilihan kata sebesar 81,48%, 4) Menggunakan kelogisan (penalaran) sebesar 85,19%, 5) Menggunakan bahasa yang santun sebesar 92,60%, 6) Lancar ketika berbicara sebesar 92,60%, 7) Menggunakan gaya pengucapan sebesar 85,19%, dan 8) Berbicara dengan nyaring mencapai 85,19%. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran Time Token Arends pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri Grogol 01.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, Time Token Arends
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2014 11:56
Last Modified: 16 Oct 2021 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28805

Actions (login required)

View Item View Item