Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Perjanjian Jual Beli Melalui Internet (E-Commerce)(Studi Kasus Di Distro Anyway Yogyakarta)

Nugroho, Bayu Adi and , Shalman Al – Farizy, S.H.,M.Kn and , Inayah, S.H.,M.H (2014) Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Perjanjian Jual Beli Melalui Internet (E-Commerce)(Studi Kasus Di Distro Anyway Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (883kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (521kB)

Abstract

Pada saat ini banyak bermunculan berbagai macam produk barang/pelayanan jasa yang dipasarkan kepada konsumen, baik melalui promosi iklan, maupun penawaran secara langsung. Apabila tidak berhati-hati dalam memilih produk barang atau jasa yang diinginkan konsumen hanya akan menjadi objek eksploitasi dan pelaku usaha yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu perlu adanya perlindungan hukum terhadap konsumen dalam jual beli suatu barang yang ditayangkan dalam internet yang mengandung unsur penyalahgunaan keadaan yang dihubungkan dengan Undang-Undang No.8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penyalahgunaan keadaan terjadi karena ada dua unsur, yaitu kerugian bagi salah satu pihak dan penyalahgunaan kesempatan oleh pihak lain. Perlindungan hukum terhadap konsumen diatur dengan Undang-undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.Undang-undang ini diharapkan dapat menjamin kepastian hukum terhadap konsumen dalam bertransaksi ecommerce. Berdasarkan pembahasan terhadap hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Undang-undang perlindungan konsumen No 8 Tahun 1999 belum dapat melindungi konsumen dalam transaksi e-commerce karena keterbatasan pengertian pelaku usaha yang hanya khusus berada di wilayah negara Republik Indonesia. Dan keterbatasan akan hak-hak konsumen yang diatur dalam undangundang tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hukum, Perlindungan konsumen, Perjanjian, Jual-beli, transaksi ecommerce
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 25 Apr 2014 11:53
Last Modified: 20 Oct 2021 01:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28804

Actions (login required)

View Item View Item