Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas V SD N Tunggulsari 1 No 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

HASTUTI, RETNA FITRI and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas V SD N Tunggulsari 1 No 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (715kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (881kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari I No.72 Surakarta melalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa SD Negeri Tunggulsari I No.72 Surakarta tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman. Peningkatan tersebut tersebut terlihat dalam 3 indikator keterampilan membaca pemahaman yaitu menjawab pertanyaan tentang isi wacana pada pra siklus sebesar 47,22%, siklus I sebesar 68,05%, dan siklus II sebesar 87,495. Mengidentifikasi unsur-unsur yang terkandung dalam wacana pada pra siklus I sebesar 44,44%, siklus I 65,27%, dan siklus II mencapai 84,72%, sedangkan menyimpulkan isi wacana dengan kalimat sendiri dan bahasa yang runtut pada pra siklus sebesar 41,67%, siklus I 61,11%, dan siklus II 81,94%. Selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pra siklus sebanyak 15 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 41,67%, pada siklus I 23 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 63,89%, dan pada siklus II 30 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 83,33%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri Tunggulsari I No. 72 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, membaca, pemahaman, strategi, Directed Reading Thinking Activity (DRTA)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2014 13:02
Last Modified: 19 Oct 2021 05:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28774

Actions (login required)

View Item View Item