Setyowati, Etik Wahyu and , Dra. Surtikanti, S.H., M.Pd (2014) Pengembangan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Ngledok Kecamatan Sragen Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (94kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Download (11MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah_Etik_A53H111058.pdf Download (424kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui bermain kartu angka pada anak didik kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak didik kelompok B2, TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Sragen, tahun ajaran 2013/2014, yang terdiri dari 19 anak didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dan deskriptif interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi pengembangann kemampuan berhitung permulaan dengan bermain kartu angka. Kemampuan berhitung permulaan anak pada prasiklus mencapai 21,05%, pada siklus I meningkat menjadi 63,15% dan meningkat lebih baik lagi pada siklus II yaitu 89,47%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variasi dalam pembelajaran memiliki peranan penting dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui kartu angka. Dengan demikian terbukti bahwa penerapan bermain kartu angka dapat mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Ngledok Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berhitung permulaan, bermain kartu angka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 22 Apr 2014 13:20 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 16:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28767 |
Actions (login required)
View Item |