Ristiyaningrum, Andita and , Dra. Suparti, M.Si (2014) Implementasi Pembelajaran Aktif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII G Topik “Sistem Peredaran Darah Pada Manusia” SMP Negeri 1 Takeran Magetan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HalamanDepan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (560kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (83kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
|
PDF (Lampran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (480kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan usaha untuk mengembangkan dan membina potensi sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar pasti terdapat beberapa kelemahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa, dari observasi yang dilakukan terdapat masalah yang dialami siswa yaitu, kurangnya perhatian siswa terhadap penjelasan guru, konsentrasi yang kurang dan kurangnya kesadaran siswa dalam pembelajaran biologi.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil belajar biologi siswa dengan pembelajaran aktif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Takeran Magetan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan metode alur yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Takeran Magetan. Hasil tindakan kelas ini melalui tiga siklus: I dari 16 siswa yang masuk terdapat 7 siswa (44%) yang mendapatkan nilai ≥7, sesuai KKM. Pada II dari 16 siswa yang masuk terdapat 9 siswa (56%) yang mendapatkan nilai ≥7, sesuai KKM. Dan pada siklus ke III siswa yang masuk 16, terdapat 14 siswa (88%) yang mendapat nilai ≥7 sesuai KKM dari data tersebut ada kenaikan 38% dari siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi pembelajaran aktif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Takeran Magetan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajajan tipe TAI (Team Assisted Individualization), hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 Apr 2014 09:15 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 23:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28729 |
Actions (login required)
View Item |