Andriyana, Yumi Prima and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Analisis Buku Ajar Matematika SMA Kelas X Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014 Ditinjau Dari Aspek Kognitif. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
PDF (BAB III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
||
PDF (BAB V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (612kB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (601kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis buku ajar matematika SMA kelas X semester gasal tahun ajaran 2013/2014 ditinjau dari aspek kognitif. Aspek kognitif yang berupa ranah pengetahuan meliputi fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. Untuk itu dipilih tiga buku ajar matematika SMA kelas X semester gasal dengan penerbit yang berbeda yaitu: Erlangga, Yudhistira, Politeknik Negeri Media Kreatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisis materi pembelajaran yang ditinjau dari aspek kognitif ranah pengetahuan yang terdapat pada ketiga buku ajar tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aspek kognitif ranah pengetahuan berupa fakta persentase terbesar dimiliki oleh buku dengan judul ”Matematika untuk SMA kelas X” karangan Agung Lukito dan Sisworo 8,71%. sedangkan buku dengan judul “Matematika untuk SMA/MA kelas X” karangan Sukino memiliki persentase terkecil 4,70%. (2) aspek kognitif ranah pengetahuan berupa konsep persentase terbesar dimiliki buku dengan judul”Matematika untuk SMA kelas X” karangan Agung Lukito dan Sisworo 39,34%, sedangakan buku dengan judul “Matematika untuk SMA/MA kelas X” karangan Sukino memiliki persentase terkecil 22,36%. (3) aspek kognitif ranah pengetahuan berupa prinsip persentase terbesar dimiliki buku dengan judul judul “Matematika untuk SMA/MA kelas X Semester 1” karangan Sukino 12,82%. sedangakan buku dengan judul “Jelajah Matematika SMA kelas X Program Wajib” karangan S.N Sharma memiliki persentase terkecil 4,86%. (4) aspek kognitif ranah pengetahuan berupa prosedur persentase terbesar dimiliki buku dengan judul “Matematika untuk SMA/MA kelas X Semester 1” karangan Sukino 60,12%, sedangakan buku dengan judul”Matematika untuk SMA kelas X” karangan Agung Lukito dan Sisworo memiliki persentase terkecil 44,44%. (5) dari ketiga buku yang diteliti diperoleh hasil bahwa aspek kognitif yang paling dominan adalah aspek kognitif ranah pengetahuan yang berupa prosedur sebesar 53,78%, konsep 30,47%, prinsip 9,28% dan yang terakhir fakta 6,47%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku ajar; fakta; konsep; prinsip; prosedur |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 09:48 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28683 |
Actions (login required)
View Item |