Pujiyati, Pujiyati and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Pemahaman Konsep Matematika (PTK Pada Siswa Kelas XI TEI SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (607kB) |
|
|
PDF (BAB I)
04.BAB_I.pdf Download (58kB) |
|
PDF (BAB II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (BAB III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (BAB IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
PDF (BAB V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (381kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif berbasis multimedia bagi siswa kelas X TEI SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi,catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas belajar siswa yang dapat dilihat dari indikatorindikatornya yaitu: 1) Siswa mengajukan pertanyaan- pertanyaan yang membangun sebelum tindakan 26,31%, setelah tindakan siklus II 68,42%, 2) Siswa mampu mengungkapkan pendapat secara spontan dan tidak malu- malu sebelum tindakan 18,42%, setelah tindakan siklus II 55,26%, 3) Daya imajinasi siswa kuat sebelum tindakan 10,52%, setelah tindakan siklus II 47,36%, 4) Siswa dapat bekerja sendiri sebelum tindakan 15,78%, setelah tindakan siklus II 52,63%, 5) Siswa senang mencoba hal baru sebelum tindakan 13,15% setelah tindakan siklus II 50%. Peningkatan pemahaman konsep: 1) Siswa mampu menyatakan ulang konsep sebelum tindakan 28,94%, setelah tindakan siklus II 71,05%, 2) Siswa mampu memeberikan contoh sebelum tindakan 26,31%, setelah tindakan siklus II 57,89%, 3) Siswa mampu mengaplikasikan konsep kedalam pemecahan masalah sebelum tindakan 10,52%, setelah tindakan siklus II 42,10%. Berdasarkan urian di atas dapat disimpulkan bahwa penrapan strategi pembelajaran kooperatif berbasis mutimedia dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi kooperatif, multimedia, kreativitas, pemehaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 07:44 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 13:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28676 |
Actions (login required)
View Item |