Suryanto, Yuli and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Concept Mapping (PTK Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 03 Colomadu Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (169kB) |
|
PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
||
PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (220kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (163kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf Download (683kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji dan mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran Concept Mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII C SMP N 03 Colomadu. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII C SMP Negeri 03 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua kali putaran. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, kajian dokumen dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran Concept Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari indikator pemahaman konsep siswa meliputi 1) Kemampuan siswa memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep ada 5 siswa (15,63%) setelah tindakan putaran II ada 20 menjadi (62,5%). 2) Kemampuan siswa dalam menuliskan model matematika dengan tepat ada 7 siswa (21,86%) setelah tindakan putaran II ada 25 menjadi (78,13%). 3) Kemampuan siswa dalam mengaplikasikan rumus dengan tepat ada 6 siswa (18,75%) setelah tindakan putaran II ada 25 menjadi (78,13%). Sedangkan indikator komunikasi meliputi 1) Kemampuan siswa dalam mengemukakan ide matematika dengan berbicara ada 5 siswa (15,63%) setelah tindakan putaran II ada 24 menjadi (75%). 2) Kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan melalui symbol, tabel, diagram atau gambar ada 6 siswa (18,75%) setelah tindakan putaran II ada 22 menjadi (68,75%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Concept Mapping dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | concept mapping; komunikasi; pemahaman konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Apr 2014 09:11 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28646 |
Actions (login required)
View Item |