HUDAYANI, VIKA TRI and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi True Or False Pada Topik Klasifikasi Makhluk Hidup Di Kelas VII A Mts Negeri Gondang Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (516kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (561kB) |
Abstract
Dalam proses belajar mengajar ada kelemahan yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi yang dilakukan di MTs Negeri Gondang kelas VII A, terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di antaranya kurangnya perhatian siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan sehingga pengetahuan siswa kurang, kurangnya motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran biologi, kurangnya antusiasme siswa untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, siswa tidak berani bertanya kepada guru apabila ada materi pelajaran yang kurang dimengerti, minat siswa terhadap materi kurang, karena metode yang monoton dan cenderung membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada topik Klasifikasi Makhluk Hidup dengan pembelajaran aktif menggunakan strategi True or False pada siswa kelas VII A MTs Negeri Gondang Tahun Ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, diawali dengan membaca, bertanya kepada teman, serta diskusi dan diakhiri dengan postest pada tiap siklusnya. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yaitu dengan cara menganalisa data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus terakhir, dimana analisis ini melalui metode alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata awal siswa aspek kognitif adalah 59,34 sedangkan untuk aspek afektif guru tidak mengevaluasinya. Siklus 1 pada aspek kognitif sebanyak 8 siswa (26%) yang mendapat nilai diatas , sesuai KKM. Siklus 2 16 (54%) siswa yang mendapat nilai , sesuai KKM. Siklus 3 26 siswa yang mendapat nilai, sesuai KKM. Pada aspek afektif siklus 1 11 (37%) siswa, siklus 2 27 (90%), siklus 3 30 (100%) semua sesuai KKM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran menggunakan metode True or False ( Benar apa Salah ) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa Kelas VII A MTs Negeri Gondang Tahun Ajaran 2009 / 2010 meliputi ranah kognitif dan afektif khususnya pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pembelajaran aktif, klasifikasi makhluk hidup |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 02 Apr 2014 13:01 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 23:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28491 |
Actions (login required)
View Item |