Mulyani, Sri and , Dra. Surtikanti, M.Pd (2014) Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Dakon Kelompok B Di Ra An Nisa 1, Turus, Karangpelem, Kedawung,Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (569kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (814kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (833kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (741kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (646kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui bermain Dakon pada anak kelompok B di RA An Nisa 1 Turus, Karangpelem, Kedawung, Sragen Tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action ressearch) dengan bentuk penelitian PTK. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh anak yang berada di RA An Nisa` 1 Turus, Karangpelem, Kedawung, Sragen tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model induktif interaktif, komponen pokok analisis induksi interaktif yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai suatu siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Peningkatan kecerdasan kognitif pada anak melalui bermain dakon dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kecerdasan kognitif dari sebelum tindakan sampai dengan siklus III yakni rata-rata Sebelum tindakan anak sebesar 35,71%, rata-rata pada siklus I mencapai 43,11%, rata-rata pada siklus II mencapai 57,4% rata-rata pada siklus III sebesar 85,71%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan bermain dakon dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan kognitif , Bermain Dakon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 01 Apr 2014 14:05 |
Last Modified: | 17 Oct 2021 07:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28482 |
Actions (login required)
View Item |