WIJAYANTI, ENDAH TRI and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Keaktifan Belajar PKn Melalui Strategi Pembelajaran Role Reversal Questions Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Ketaon Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (106kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 3 Ketaon Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan strategi pembelajaran Role Reversal Questions. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Ketaon yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, obsevasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar PKn siswa setelah diterapkan strategi Role Reversal Questions, yaitu: 1) Keaktifan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru pada pra siklus 42,30%, pada siklus I 65,38% siswa, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,46% siswa, 2)Siswa yang aktif kerjasama dalam kelompok pada pra siklus 34,61%siswa, siklus I 53,84%, dan pada siklus II meningkat menjadi 80,76% siswa, 3)Siswa yang aktif dalam mengajukan pertanyaan pada pra siklus 34,61%, pada siklus I 61,53% siswa, dan pada siklus II 80,76% siswa, 4)Siswa yang aktif mengemukakan pendapat pada pra siklus 23,07% siswa, pada siklus I 46,15% siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 80,76% siswa, 5)Siswa yang memberikan kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok pada pra siklus 30,76% siswa, pada siklus I 57,69% siswa, dan siklus II meningkat menjadi 84, 61% siswa. Hasil belajar PKn sebelum tindakan (pra siklus) prosentase ketuntasan siswa 42, 30%, pada siklus I prosentase ketuntasan 65,38%, dan pada silkus II prosentase ketuntasan siswa 92,30%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Role Reversal Questions dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 3 Ketaon Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar PKn, Hasil belajar PKn, Strategi Role Reversal Questions |
Subjects: | K Law > KZ Law of Nations L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 25 Mar 2014 12:10 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 05:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28433 |
Actions (login required)
View Item |