Peningkatan Keaktifan Belajar PKn Melalui Strategi Pembelajaran Role Reversal Questions Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Ketaon Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

WIJAYANTI, ENDAH TRI and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Keaktifan Belajar PKn Melalui Strategi Pembelajaran Role Reversal Questions Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Ketaon Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (106kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 3 Ketaon Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan strategi pembelajaran Role Reversal Questions. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 3 Ketaon yang berjumlah 26 siswa. Penelitian dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, obsevasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar PKn siswa setelah diterapkan strategi Role Reversal Questions, yaitu: 1) Keaktifan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru pada pra siklus 42,30%, pada siklus I 65,38% siswa, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,46% siswa, 2)Siswa yang aktif kerjasama dalam kelompok pada pra siklus 34,61%siswa, siklus I 53,84%, dan pada siklus II meningkat menjadi 80,76% siswa, 3)Siswa yang aktif dalam mengajukan pertanyaan pada pra siklus 34,61%, pada siklus I 61,53% siswa, dan pada siklus II 80,76% siswa, 4)Siswa yang aktif mengemukakan pendapat pada pra siklus 23,07% siswa, pada siklus I 46,15% siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 80,76% siswa, 5)Siswa yang memberikan kesempatan berpendapat kepada teman dalam kelompok pada pra siklus 30,76% siswa, pada siklus I 57,69% siswa, dan siklus II meningkat menjadi 84, 61% siswa. Hasil belajar PKn sebelum tindakan (pra siklus) prosentase ketuntasan siswa 42, 30%, pada siklus I prosentase ketuntasan 65,38%, dan pada silkus II prosentase ketuntasan siswa 92,30%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Role Reversal Questions dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 3 Ketaon Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar PKn, Hasil belajar PKn, Strategi Role Reversal Questions
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 12 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2014 12:10
Last Modified: 19 Oct 2021 05:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28433

Actions (login required)

View Item View Item