Ningtyas, Asih Windy Susilo and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Dengan Menggunakan Media Kartu Kerja Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01.HALAMAN_DEPAN.pdf Download (516kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
||
PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
08.LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (854kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan media kartu kerja pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang berlangsung dalam 2 siklus. Tiap siklus berlangsung selama 2 pertemuan dan terdiri atas 4 tahapan dasar yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 37 siswa, dengan 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokomentasi. Pengujian yang digunakan adalah pengujian validitas isi yang dilakukan dengan membandingkan isi instrumen dengan materi pelajaran yang telah diajarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika pada meningkat setiap siklusnya. Kemampuan mengidentifikasi apa yang diketahui dari soal, kemampuan mengidentifikasi apa yang ditanyakan dari soal, kemampuan mengidentifikasi operasi hitung, kemampuan mengubah soal cerita menjadi kalimat matematika sederhana, dan kemampuan melakukan perhitungan meningkat dari 43,24 % menjadi 70,27 % pada siklus I dan 86,49 % pada siklus II. Kemampuan menyelesaikan soal dengan tepat meningkat dari 16,22 % menjadi 43,24 % pada siklus I dan II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan media kartu kerja pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta pada semester ganjil tahun 2013/2014 dapat ditingkatkan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kartu-kerja; keterampilan; soa- cerita; matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 12:52 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28319 |
Actions (login required)
View Item |