Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Penataan Banaran Sebagai Desa Kerajinan Kayu Penekanan Pada Wisata Kreatif Dan Pembangunan Berkelanjutan

Alam, Fiqrul and , Ir. Alpha Febela P, MT and , Ir. Samsudin Raidi, MSc (2014) Dasar-Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Penataan Banaran Sebagai Desa Kerajinan Kayu Penekanan Pada Wisata Kreatif Dan Pembangunan Berkelanjutan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (548kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penataan desa adalah sebuah proses, cara, perbuatan menata, pengaturan, penyusunan sebuah desa untuk tujuan yang ingin dicapai dari sebuah penataan yang akan dilakukan. Desa Banaran atau tepatnya dukuh Rambat adalah sebuah kawasan pedesaan yang berada di kecamatan kalijambe yang kawasan ini adalah bagian dari Kabupaten Sragen. Desa banaran atau tepatnya berada di dukuh rambat berada di kecamatan kalijambe yang berjarak 0,5 KM dari pusat kecamatan Kalijambe. Dukuh rambat merupakan dukuh yang termasuk dari desa banaran yang berdekatan dengan Desa sebelah. Di dukuh rambat ini 80% masyarakat mengantung hidupnya pada kerajinan kayu. Pada awal penyebarannya dukuh rambat sebenarnya sudah baik dalam menata kawasan tersebut hal ini dapat dilihat dari beberapa bangunan penting yang ada di kawasan dukuh rambat saling berdekatan. Tetapi dalam perkembangannya setelah dimasuki oleh masyarakat dengan membawa pekerjaannya masing-masing dukuh ini tidak terlihat penataan yang jelas dalam kawasan ini. Selain itu dampak dari tidak teraturnya kawasan ini menyebabkan beberapa efek lain yaitu kawasan terlihat gersang. Sehingga mendorong paneliti untuk menata kawasan ini menjadi lebih baik. 18 Oleh sebab itu, perlu adanya penataan kemali yang menekankan pada wisata kreatif dan pembangunan berkelanjutan yang harus dilakukan pada area dukuh rambat untuk mendapatkan kawasan yang baik dan asri yang mampu mendukung kegiatan masyarakat dan mengembangkan ekonomi masyarakat di kawasan tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukuh rambat, Pengrajin kayu, Wisata kreatif dan pembangunan berkelanjutan, Penataan kembali
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Mar 2014 06:55
Last Modified: 22 Jul 2016 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28209

Actions (login required)

View Item View Item