Pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok Terhadap Kemampuan Mengontrol Marah pada Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta

Pradana, Eko Yuliantoro Sulistyo and , Arif Widodo, A.Kep., M.Kes and , Wachidah Yuniartika, S.Kep., Ns (2013) Pengaruh Terapi Aktivitas Kelompok Terhadap Kemampuan Mengontrol Marah pada Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (242kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (278kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
11_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)

Abstract

angka kejadian skizofrenia rawat inap tahun 2011 di RSJD Surakarta 2067 Pasien, sedangkan tahun 2012 jumlah pasein itu sendiri mengalami peningkatan menjadi 2244 pasien skizofrenia. Pada bulan maret jumlah pasien skizofrenia rawat inap sendiri 261 pasein dan pada bulan April mengalami peningkatan yaitu menjadi 300 pasein. Wawancara peneliti pada tanggal 18 april 2013 dengan salah satu kepala ruang di RSJD Surakarta Pasien dengan skizofrenia paranoid kadang sering marah membuat keributan atau mencederai dirinya sendiri. Tujuan penelitian: Untuk mengetahui pengaruh terapi aktivitas kelompok terhadap kemampuan mengontrol marah pasien Skizofrenia di RSJD Surakarta. Metode penelitian: Design yang digunakan Time Series design, dalam penelitian ini sebelum di berikan pelakuan kelompok di berikan pretest/observasi terlebih dahulu dengan maksud untuk di berikan kejelasan keadaan kelompok sebelum di berikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien skizofrenia rawat inap pada bulan april 2013 sebanyak 300 pasien dengan jumlah sampel sebanyak 30 pasien dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dengan Paired Sample ttest. Kesimpulan: 1) Pasien skizofrenia sebelum diberikan terapi aktivitas kelompok mayoritas mempunyai kemampuan mengontrol marah tergolong tidak mampu yaitu sebanyak 17 orang (56,7%); 2) Pasien skizofrenia sesudah diberikan terapi aktivitas kelompok kebanyakan mempunyai kemampuan mengontrol marah tergolong mampu yaitu sebanyak 24 orang (80,0%); 3) Terdapat pengaruh terapi aktivitas kelompok terhadap kemampuan mengontrol marah pada pasien skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi aktivitas kelompok, kemampuan mengontrol marah, skizofrenia
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 06 Mar 2014 10:48
Last Modified: 26 Oct 2021 04:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28066

Actions (login required)

View Item View Item