Ardiansyah, Gigih Sudarka and , Drs. Sumardi,M.Si (2014) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (278kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (244kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (226kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) letak kesulitan siswa dalam belajar matematika pada pokok bahasaan faktorisasi suku aljabar, (2)faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam belajar matematika pada pokok bahasan faktorisasi suku aljabar. Jenis Penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis kesulitan belajar pada siswa kelas,VIII SMP Negeri 1 Sambi yaitu: (1) faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa berasal dari faktor intern dan faktor ekstern. (2) kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa berkaitan dengan fakta, konsep, operasi, dan prinsip adalah (a) kesalahan siswa dalam penguasaan fakta adalah menggambar persegi panjang yang kurang tepat (b) kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam penguasaan konsep adalah menyebutkan koefisien, variabel, konstanta dan suku suatu aljabar; (c) dalam penguasaan relasi, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengapresiasikan peran operasi matematika; (d) kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam penguasaan prinsip adalah tidak mengetahui cara menyelesaikan soal dengan benar dan tepat, tidak mampu memahami masalah yang diberikan, dan tidak menggunakan penyelesaian yang baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesulitan, belajar, matematika. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2014 09:07 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27962 |
Actions (login required)
View Item |