Dani, Arif Yanuar and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Metode Project Based Learning (PTK pada Siswa Kelas VII A SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halman Depan)
halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (142kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf Download (734kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika dengan penerapan pendekatan saintifik melalui metode Project Based Learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penerima tindakan penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 5 Surakarta yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Subjek pelaksana tindakan penelitian adalah guru matematika kelas VII A dibantu peneliti sebagai observer. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, metode tes. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik pemeriksaan validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) adanya peningkatan minat belajar matematika yang meliputi indikator : a) siswa yang aktif bertanya (18,18%) dan sesudah tindakan (63,63%), b) siswa yang memperhatikan pada saat proses pembelajaran (24,24%) dan sesudah tindakan (72,72%), c) siswa yang senang mengikuti pembelajaran (21,21%) dan sesudah tindakan (78,78%) dan (2) adanya peningkatan hasil belajar matematika yang meliputi indikator nilai tes yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM ≥ 70) sebelum tindakan (27,27%) dan sesudah tindakan (87,87%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik melalui metode Project Based Learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; minat; Project Based Learning; saintifik. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2014 07:53 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:53 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27957 |
Actions (login required)
View Item |