Hiahani, Yogi Dhebi and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Peningkatan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle ‘5E’ (PTK Pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (522kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (736kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi dan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle „5E‟. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas X PK1 SMK Muhammadiyah Delanggu yang berjumlah 28. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi penyidik dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi dan pemecahan masalah matematika. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) siswa yang mampu menyajikan pernyataan matematika lisan, tertulis, dan gambar 75%; 2) siswa yang mampu menarik kesimpulan dari pernyataan 71,43%; 3) siswa yang mampu mengidentifikasi unsur–unsur yang diketahui, ditanyakan, dan kecukupan unsur yang diperlukan 75%; 4) siswa yang mampu merumuskan masalah matematika atau menyusun model matematika 71,43%; 5) siswa yang mampu menerapkan strategi untuk menyelesaikan berbagai masalah matematika 67,86%; 6) siswa yang mampu menjelaskan atau menginterpretasikan hasil permasalahan menggunakan matematika secara bermakna 67,86%. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle „5E‟ dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan komunikasi dan pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | komunikasi, Learning Cycle „5E‟, pemecahan masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2014 07:34 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27956 |
Actions (login required)
View Item |