Peningkatan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Strategi Mind Mapping (PTK Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Kartasura Tahun 2013/2014)

Kurniasari, Winda and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2014) Peningkatan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Strategi Mind Mapping (PTK Kelas XI Semester Ganjil SMA Negeri 1 Kartasura Tahun 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (76kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI IPS 3 SMP Negeri 1 Kartasura dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan strategi pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru sebagai subyek pemberi tindakan,kepala sekolah sebagai subyek pembantu dalam perencanaan dan pengumpulan data penelitian, serta siswa kelas XI IPS 3 yang berjumlah 33 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode alur, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Adanya peningkatan komunikasi siswa dapat dilihat dari: 1) menyatakan ide melalui berbicara sebelum tindakan sebesar 6,06 % dan diakhir tindakan menjadi 75,75%, 2) menuliskan ide sebesar 9,09% dan diakhir tindakan menjadi 66,67%, 3) menggambarkan ide sebelum tindakan sebesar 15,15% dan diakhir tindakan menjadi 60,61%, dan 4) menjelaskan konsep matematika sebelum tindakan sebesar 6,06% dan diakhir tindakan menjadi 60,61%. Adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika sisiwa dilihat dari: 1) kemampuan memahami masalah sebelum tindakan sebesar 12,12% dan diakhir tindakan menjadi 69,69%, 2) kemampuan siswa dalam membuat perecanaan diawal tindakan sebesar 9,09% dan diakhir tindakan menjadi 63,63%, 3) kemampuan siswa dalam melaksanakan perencanaan diawal tindakan sebesar 9,09% dan diakhir tindakan menjadi 63,63%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran Mind Mapping, komunikasi matematika, kemampuan pemecahan masalah matematika.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2014 05:54
Last Modified: 19 Oct 2021 11:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27950

Actions (login required)

View Item View Item