Perbedaan Keterampilan Sosial Siswa Akselerasi Dengan Reguler

Sari, Retno and , Drs. Daliman, S.U. (2013) Perbedaan Keterampilan Sosial Siswa Akselerasi Dengan Reguler. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (651kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Penyelenggaraan program akselerasi atau percepatan belajar selain memberikan manfaat dan keuntungan bagi siswa berbakat akademik ternyata juga berpeluang menimbulkan permasalahan dan potensi negatif di bidang akademis yakni siswa mengalamai hambatan dalam mengembangkan keterampilan sosialnya dibandingkan siswa kelas reguler. Tujuan penelitian untuk mengetahui:1) Perbedaan keterampilan sosial siswa akselerasi dan reguler;2) Tingkat keterampilan sosial siswa akselerasi dan reguler. Hipotesis yang diajukan ada perbedaan keterampilan sosial antara siswa akselerasi dan reguler. Siswa reguler memiliki keterampilan sosial lebih tinggi dibandingkan dengan siswa akselerasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI program akselerasi dan siswa program reguler SMA N 1 Sukoharjo. Jumlah siswa program akselerasi sebanyak 47 siswa, sedangkan jumlah siswa kelas reguler diambil 40 siswa. Alat ukur menggunakan skala keterampilan sosial. Analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis) diperoleh nilai t = 2,659; p=0,009 (p<0,01). Hasil ini berarti ada perbedaan yang sangat signifikan keterampilan sosial antara siswa kelas reguler dengan siswa kelas akselerasi. Nilai rata-rata keterampilan sosial siswa kelas reguler sebesar 106,200, dan nilai rata rata siswa kelas akselerasi sebesar 95,660; dengan demikian keterampilan sosial siswa kelas reguler lebih tinggi dibandingkan siswa kelas akselerasi. Nilai R2 = 0,077, menunjukkan sumbangan efektif perbedaan program akselerasi dan regular terhadap keterampilan sosial sebesar (7,7%). Nilai rerata empirik (RE) keterampilan sosial pada siswa kelas reguler =106,200 dan kelas akselerasi =95,660 dengan nilai rerata hipotetik (RH) = 107,5. Perbandingan nilai rerata empirik dan hipotetik tersebut menunjukkan keterampilan sosial pada siswa reguler dan siswa akselerasi tergolong sedang, namun kategori keterampilan social siswa kelas reguler sedang mengarah ke tinggi, adapun siswa kelas akselerasi keterampilan sosialnya mengarah ke kategori rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan sosial, kelas akselerasi, kelas reguler
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Feb 2014 13:07
Last Modified: 28 Oct 2021 06:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27948

Actions (login required)

View Item View Item