Implementasi Lesson Study Dalam Pengembangan Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di MTS Muhammadiyah Surakarta (Tahun Pelajaran 2012/2013)

Sidiq, Anwar and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag and , Dr. Badaruddin, M.Ag (2013) Implementasi Lesson Study Dalam Pengembangan Metode Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Di MTS Muhammadiyah Surakarta (Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._Bab_I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Bab II)
05._Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] PDF (Bab III)
06._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
08._Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.Naskah_Publikasi.pdf

Download (514kB)

Abstract

Proses kegiatan belajar mengajar biasanya pendidik hanya menggunakan metode yang monoton misalnya ceramah. Hal ini kurang menarik perhatian dan minat siswa dalam belajar. Juga sangat berpengaruh pada kemampuan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Untuk itu perlu adanya variasi metode dalam pembelajaran Aqidah Akhlaq. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi lesson study yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan refleksi dalam pengembangan metode pada bidang studi Aqidah Akhlaq di MTs Muhammadiyah Surakarta, Apa kendala-kendala yang dihadapi dan bagaimana upaya dalam mengatasi kendala-kendala implementasi lesson study pada bidang studi Aqidah Akhlaq di MTs Muhammadiyah Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan implementasi Lesson Study yang diantaranya meliputi perencanaan, pelak-sanaan dan refleksi pengembangan metode pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Muhammadiyah Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan cara berpikir induktif. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan analisis interaktif melalui proses 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) display data. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi lesson study dalam pengembangan metode mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Muhammadiyah Surakarta secara garis besar terbagi dalam tiga tahapan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Pada tahap perencanaan (plan) beberapa kegiatannya adalah menyiapkan materi, membuat skenario pembelajaran (lesson plan), menyiapkan blangko untuk observer, menyiapkan tanda peserta siswa, data nama siswa (absensi), dan mempersiapkan denah tempat duduk. Pada tahap pelaksanaan (do) guru model melakukan kegiatan pembelajaran, observer. mengamati dan mencatat semua temuan-temuan pada lembar observasi ketika proses pembelajaran berlangsung mulai dari awal sampai akhir pembelajaran. Pada tahap refleksi (see) guru model dan pengamat berupaya untuk menemukan kelebihan dan kekurangan pada proses pembelajaran yang selanjutnya dievaluasi hingga didapatkan cara mengajar yang lebih baik dari sebelumnya

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Lesson Study, Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 28 Feb 2014 12:12
Last Modified: 29 Oct 2021 14:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27944

Actions (login required)

View Item View Item