Muningsih, Nunuk and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Peningkatan Motivasi Dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Somatis, Auditori, Visual, Dan Intelektual ( PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Teras Tahun 2013/ 2014 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (59kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_Publikasi.pdf Download (823kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan, meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika pokok bahasa teorema pythagoras dalam pembelajaran matematika melalui strategi Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E SMP N 1 Teras Boyolali, yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan pemahaman konsep matematika pokok bahasan teorema pythagoras. Hal ini dilihat dari indikator motivasi: 1) memperhatikan penjelasan guru sebelum tindakan 30% dan setelah tindakan 86,67%, 2) aktif dalam pembelajaran sebelum tindakan 16,67% dan setelah tindakan 86,67%, 3) memiliki semangat berkompetisi dalam prestasi sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 83,33%. Sedangkan indikator pemahaman konsep: 1) mengklasifikasikan jenis-jenis segitiga dengan diketahui sisi-sisinya sebelum tindakan 13,33% dan setelah tindakan 83,33%, 2) menyatakan ulang konsep pythagoras sebelum tindakan 16,67% dan sesudah tindakan 83,33%, 3) memilih contoh dan bukan contoh dari konsep pythagoras sebelum tindakan 26,67% dan setelah tindakan 86,67%, 4) mengaplikasikan konsep pythagoras sebelum tindakan 36,33% dan setelah tindakan 86,67%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi; konsep matematika; SAVI |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2014 11:12 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:26 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27937 |
Actions (login required)
View Item |