Dewinataria, Dewinataria and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Implementasi Strategi Learning Starts With A Qaestion Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Pemahaman Konsep Dalam Matematika (PTK Pada Siswa Kelas XA SMK Muhammadiyah 01 Boyolali Tahun 2013/20l4). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (806kB) |
Abstract
Tujuan penelitian, untuk mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran matematika melalui startegi Learning starts with a question. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yaitu siswa kelas XA SMK Muhammadiyah 01 Boyolali yang berjumlah 32 siswa dan guru matematika. Siswa sebagai subjek yang dikenai tindakan, sedangkan guru sebagai subjek yang melakukan tindakan. Obyek penelitian yaitu keaktifan dan pemahaman konsep siswa dalam belajar matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, metode tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep siswa dilihat dari tiap indikator. Untuk keaktifan, (1) mengajukan pertanyaan dari 9,375% menjadi 53,125%, (2) mengerjakan soal di depan kelas dari 15,625% menjadi 68,75%, (3) mengemukakan ide dari 9,4% menjadi 56,25%, dan (4) menjawab pertanyaan dari 12,5% menjadi 65,625%. Untuk pemahaman konsep, (1) menyatakan ulang suatu konsep dari 9,375% menjadi 46,875%, (2) memberi contoh dari konsep dari 15,625% menjadi 53,125%, (3) menyajikan konsep dari 6,25% menjadi 43,75%, dan (4) mengaplikasikan konsep dari 12,5% menjadi 56,25%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning starts with a question; keaktifan; pemahaman konsep. |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2014 06:54 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27927 |
Actions (login required)
View Item |