Analisis Kesalahan Belajar Trigonometri Di Tinjau Dari Aspek Kognitif(Pada Siswa Kelas 2 SMU 1 Islam Surakarta Tahun Ajaran 2003/2004)

Kurniawati, Indah (2004) Analisis Kesalahan Belajar Trigonometri Di Tinjau Dari Aspek Kognitif(Pada Siswa Kelas 2 SMU 1 Islam Surakarta Tahun Ajaran 2003/2004). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)

Abstract

Kenyatan yang sering di jumpai, dalam kegiatan belajar tidak mungkin keberhasilan selalu dapat diraih. Siswa seringkali melakukan kesalahan dalam belajar yang pada akhirnya mempengaruhi hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosentase kesalahan belajar aspek kognitif siswa dalam materi trigonometri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SMU Islam 1 Surakarta tahun ajaran 2003/2004. Sedangkan sampelnya diambil dari populasi dengan jumlah 30 siswa, menggunakan tehnik random sampling. Metode pokok yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode test. Sedangkan analisis datanya yaitu dengan analisis non statistik, karena penelitian ini merupakan penelitian diskriptip kualitatif.Untuk mengetahui prosentase kesalahan yang dilakukan siswa, peneliti menggunakan rumus : x100% Tot S Tot B p Tot S S + S = S . Hasil penelitian yang diperoleh berdasar perhitungan yang telah dilakukan, di dapat prosentase tiap kesalahan sebagai berikut : kesalahan pada penguasan konsep sebesar 45 % tergolong sedang yaitu sebagian besar terjadi karena siswa belum benar-benar menguasai materi terdahulu sehingga sulit untuk menguasai konsep yang diajarkan berikutnya, kesalahan pada penerapan rumus sebesar 40,83 % tergolong sedang yaitu sebagian besar terjadi karena siswa siswa kurang mampu mengingat salah satu syarat perlu serta kurang benar-benar memahami pertanyaan sehingga salah dalam menerapkan rumus, dan kesalahan pada perhitungan sebesar 20,83 % tergolong rendah yaitu sebagian besar terjadi karena siswa kurang mampu dalam hal operasi-operasi hitungan serta kurang teliti dalam hitungan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa kesalahan terbesar pada penguasaan konsep yaitu sebesar 45%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Belajar Aspek Kogniti
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2014 05:59
Last Modified: 27 Feb 2014 06:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27898

Actions (login required)

View Item View Item