Sutamadi, Akhmad (2006) Pengaruh Pengajaran Remedial Pokok Bahasan Dimensi Tiga Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Pada Siswa Kelas I SMP Negeri 1 Tawangmangu Karanganyar Tahun Pelajaran 2005/2006). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (127kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diberi pengajaran remedial dengan metode diskusi kelompok dengan siswa yang diberi pengajaran remedial dengan pengajaran biasa dalam pokok bahasan dimensi tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMP Negeri 1 Tawangmangu. Sampel penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar sebanyak 60 siswa. Kemudian dibagi menjadi 2 kelompok dimana kelompok A sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B sebagai kelompok kontrol yang diambil dengan teknik purposive sampling. Sebelum diadakan pengajaran matematika dengan dua pendekatan yang berbeda, kedua sampel dilakukan uji matching untuk mengetahui kedua kelompok tersebut mempunyai kemampuan awal yang sama. Metode pengumpulan data adalah dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum data dianalisis, digunakan uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas dengan metode Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett dari tes prestasi belajar matematika pada pokok bahasan dimensi tiga. Kemudian dianalisis data menggunakan rumus uji t. Dari hasil penelitian pada taraf signifikansi 5 %, menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang mendapat pengajaran remedial dengan metode diskusi kelompok lebih baik daripada siswa yang mendapat pengajaran remedial dengan pengajaran biasa, dengan t hitung = 4,2. Sehingga terdapat pengaruh dari pengajaran remedial pokok bahasan dimensi tiga terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengajaran,remedial |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 25 Feb 2014 09:15 |
Last Modified: | 25 Feb 2014 09:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27872 |
Actions (login required)
View Item |