Efektivitas Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Pada Peningkatan Kompetensi Guru Studi Situs Di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta

Chusni, Nur and , Prof. Dr. H.M. Wahyuddin, M.S. and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Efektivitas Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Pada Peningkatan Kompetensi Guru Studi Situs Di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (529kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN__DEPAN.pdf

Download (947kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB__I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB__VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR___PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk memperoleh gambaran pelaksanaan Sertifikasi guru dalam jabatan guru-guru SMP Muhammadiyah 4 Surakarta 2) Untuk mengetahui Kompetensi Guru, pada Guru SMP Muhammadiyah 4 Surakarta 3) Untuk mengetahui efektifitas sertifikasi guru dalam jabatan pada peningkatan kompetensi Paedadagogi, Kepribadian, Sosial, maupun Profesional, Guru SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif di mana data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka, penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta, dengan subyek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Guru-guru yang sudah disertifikasi, maupun belum disertifikasi, metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian teknik analisisnya dengan tiga komponen yang saling berkaitan, berinteraksi, tidak dapat dipisahkan, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Sertifikasi Guru Dalam Jabatan merupakan amanah UU, yang harus dilaksanakan oleh semua guru walaupun pelaksanaannya bertahap sesuai dengan pertimbangan masa kerja, yang diharapkan oleh para guru justru sertifikasi melalui PLPG 2). Kompetensi Guru Profesional, Paedagogi, Kepribadian dan sosial, merupakan indikator kinerja guru, sehingga guru telah tersertifikasi diharapkan ada peningkatan dalam kompetensi guru tersebut, 3) Sertifikasi guru dalam jabatan meningkatkan kompetensi guru, para guru yang sudah tersertifikasi, menambah fasilitas mengajar secara pribadi dan sebagian besar melanjutkan ke jenjang pendidikan S2.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: sertifikasi guru, peningkatan kompetensi guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2014 06:00
Last Modified: 28 Oct 2021 03:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27761

Actions (login required)

View Item View Item