Pengelolaan Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri

Sugiyarto, Sugiyarto and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Sigit Haryanto, M.Hum (2013) Pengelolaan Kedisiplinan Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (668kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan konsep pengelolaan (manajemen) kedisiplinan di SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri, (2) Mendeskripsikan kedisiplinan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri, dan (3) Mendeskripsikan penerapan pengelolaan (manajemen) kedisiplinan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi dengan subjek penelitian di SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, pengamatan, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bimbingan-konseling, guru agama, dan siswa SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri. Data-data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan model interactive model, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep pengelolaan (manajemen) kedisiplinan di SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri diatur dalam program sekolah, ialah dalam program pengembangan diri, baik terprogram dan tidak terprogram. Kegiatan pengembangan diri terprogram meliputi pelayanan konseling dan ekstra kurikuler, sedangkan yang tidak terprogram meliputi kegiatan rutin, spontan, dan keteladanan, (2) Kedisiplinan belajar siswa SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri pada umumnya tinggi. Hal ini tampak ketika siswa berada di kelas bersama guru dan menyelesaikan materi pembelajaran. Selain itu siswa dating ke sekolah tidak terlambat, mereka mengikuti shalat berjamaah tepat waktu, anak-anak membuang sampah pada tempatnya, anak-anak disiplin dalam mengikuti upacara bendera setiap hari Senin dan hari-hari besar lainnya, dan lain sebagainya, dan (3) Penerapan pengelolaan (manajemen) kedisiplinan belajar siswa di SMP Muhammadiyah 8 Wonogiri berlangsung dengan prinsip keteladanan dan dukungan dari berbagai aspek. Keteladanan kepala sekolah dan guru-guru sangat menentukan keberhasilan disiplin belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, disiplin, belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2014 07:32
Last Modified: 28 Oct 2021 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27722

Actions (login required)

View Item View Item