Penerapan Strategi Survey, Question, Read, Recite And Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri Nglorog 5 Sragen

Susanti, Susanti and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Penerapan Strategi Survey, Question, Read, Recite And Review (SQ3R) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri Nglorog 5 Sragen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
pdf_Halaman_Depan.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
pdf_BAB_I,.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
pdf_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
pdf_bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab IV)
pdf_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab V)
pdf_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
pdf_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
PDF_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
pdf_naskah_p_publikasi.pdf

Download (165kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas IV SD Negeri Nglorog 5 Sragen pada pembelajaran IPA melalui Strategi survey, question, read, recite, and review (SQ3R). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Nglorog 5 Sragen yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada akhir siklus II dalam hal menjawab pertanyaan prosentase meningkat menjadi 89%, bertanya sebesar 94%, menulis sebesar 100%, membaca sebesar 94%, dan mengungkapkan ide-ide gagasan sebesar 84%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui strategi survey, question, read, recite, and review (SQ3R) dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri Nglorog 5 Sragen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi survey, question, read, recite, and review (SQ3R), Keaktifan siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2014 08:37
Last Modified: 19 Oct 2021 01:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27698

Actions (login required)

View Item View Item