Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Strategi Think-Pair-Share(Tps) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Kartikasari, Hesti and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M.Si., M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Strategi Think-Pair-Share(Tps) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (825kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (674kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi Think-Pair-Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Nogosari Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas.Subyek penelitianini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 2 Nogosari Boyolali yang berjumlah 25 siswa.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara,tes, dokumentasi. Hasil Observasi menunjukkan bahwa pada pelaksanaan pra siklus ditemukan kemampuan berbicara siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terhitung rendah. Siswa yang tuntas hanya 8 siswa atau sebesar 32%. Setelah diterapkannya strategi Think-Pair-Share (TPS) pada siklus I dan siklus II menunjukkan peningkatan yang baik. Pada siklus I siswa yang tuntas atau mencapai nilai>kkm (65) sebesar 13 siswa atau 52 %.Dan pada siklus II terdapat 22 siswa atau sebesar 88%. Hal ini menunjukkan adanya peningakatan hasil yang diperoleh yakni meningkat secara klasikal melebihi target yang diharapkan yakni sebesar 70%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi Think-Pair- Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 2 Nogosari Tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuanberbicara, Strategi Think-Pair-Share (TPS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2014 05:51
Last Modified: 03 Nov 2021 14:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27694

Actions (login required)

View Item View Item