Implementasi Question Student Have Strategy Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Di Sd Negeri 2 Serenan Tahun Ajaran 2013/2014

Novitasari, Dewi and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Implementasi Question Student Have Strategy Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iv Di Sd Negeri 2 Serenan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (412kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (334kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah Implementasi Question Student Have Strategy dapat menngkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 2 Serenan Tahun ajaran 2013/2014?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV melalui Question Student Have Strategy di SD Negeri 2 Serenan tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa dan guru kelas IV. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data penelitian kualitatif meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang kemudian mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan kondisi awal siswa (23,86%) mengalami peningkatan pada siklus I (43,17 %) dan siklus II (83,43%). Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Implementasi Question Student Have Strategy dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Negeri 2 Serenan tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Belajar ; Question Student Have Strategy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2014 05:47
Last Modified: 19 Oct 2021 00:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27667

Actions (login required)

View Item View Item