Widjayanti, Puspita and , Prof. Budi Murtiyasa, M. Kom, and , Drs. Maryadi, M.A. (2013) Pengelolaan Kedisiplinan Dan Kemandirian Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Pracimantoro. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (337kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (631kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (140kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan bagaimana pengelolaan kedisiplinan dan kemandirian peserta didik di SMP Negeri 2 Pracimantoro Kabupaten Wonogiri. Subfokus. (1) Bagaimana perencanaan kedisiplinan dan kemandirian peserta didik, (2)Bagaimana pengorganisasian kedisiplinan dan kemandirian peserta didik, (3) Bagaiman penggerakan kedisiplinan dan kemandirian peserta didik, (4) Bagaimana pengendalian kedisiplinan dan kemandirian peserta didik. Penelitian ini adalah kualitatif. Desain penelitian adalah etnografi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Pracimantoro.teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi,analisis dokumen. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yang merupakan kesatuan proses reduksi, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil kesimpulan yang dapat peneliti sampaikan : (1) Perencanaan kedisiplinan peserta didik dilaksanakan dengan cara membuat tata tertib beserta sanksinya, dengan melibatkan seluruh stakeholder sekolah. Perencanaan kemandirian peserta didik dilakukan dengan membuat kegiatan ekstrakurikuler yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. (2) Pengorganisasian kedisiplinan dan kemandirian peserta didik adalah dengan cara melibatkan semua pihak dengan satu komando. (3) Penggerakan kedisiplinan peserta didik dilakukan secara internal dan eksternal. Secara internal dengan melibatkan OSIS dan keteladanan guru maupun karyawan, sedangkan secara eksternal adalah melakukan kerjasama dengan pihak Kepolisian , Puskesmas, Kecamatan dan pihak – pihak yang terkait lainnya. Penggerakan kemandirian peserta didik dilakukan secara internal dengan melibatkan guru bidang maing – masing. (4) Evaluasi kedisiplinan dilakukan dengan cara melihat catatan – catatan pelanggaran peserta didik. Semakin sedikit catatan pelanggaran peserta didik setiap bulannya, berarti program kedisiplinan sudah diterima oleh peserta didik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan peserta didik, kedisiplinan, kemandirian |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2014 13:07 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 01:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27666 |
Actions (login required)
View Item |