Strategi Pemasaran Sekolah Berbasis Bauran Pemasaran : SMKN 1 Ngawen, Gunungkidul

Nugroho, Suryo Agung and , prof. bambang Setiaji and , Drs. Syamsudin, M.M. (2013) Strategi Pemasaran Sekolah Berbasis Bauran Pemasaran : SMKN 1 Ngawen, Gunungkidul. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
naskah_publikasi_tesis.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
2-Halaman_Depan.pdf

Download (511kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3-BAB_I.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
3-BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
3-BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
3-BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab V)
3-BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab VI)
3-BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
4-DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
5-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada : Bagaimana Strategi Pemasaran Sekolah di SMK N 1 Ngawen berdasarkan konsep bauran pemasaran? Tujuan penelitian ini adalah ; mendiskripsikan strategi pemasaran sekolah berdasarkan konsep bauran pemasaran di SMK N 1 Ngawen. Penelitian ini berjenis kualitatif. Kehadiran peneliti sebagai instrumen penelitian. Data primer dan sekunder diperoleh dengan teknik pengumpulan data observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Proses analisis meliputi tiga kegiatan yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Promotion ; Memprioritaskan promosi dan sosialisasi ke SMP (calon siswa) serta mengoptimalkan program Jakumikat (Jalur Khusus Minat dan Bakat). 2) Price ; Menawarkan biaya pendidikan yang murah yang dapat dijangkau semua lapisan masyarakat tanpa mengesampingkan layanan pendidikan yang berkualitas. 3) Process ; Mengoptimalkan citra positif sekolah sebagai sekolah yang memiliki nilai lebih dalam integritas, karakter, disiplin dan tertib untuk menjaring pelanggan yang loyal. 4) Product ; mendiskripsikan kualitas lulusan yang meraih berbagai prestasi dan memiliki daya saing serta daya keterserapan yang tinggi di DU/DI kepada stakeholders. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan dan hasil wawancara calon siswa saat mendaftar, maka strategi pemasaran sekolah di SMK N 1 Ngawen yang paling efektif adalah promosi/ sosialisasi serta program Jakumikat yang dilakukan kepada calon siswa melalui persentasi ke SMP.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pemasaran, bauran, strategi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2014 12:03
Last Modified: 27 Oct 2021 07:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27662

Actions (login required)

View Item View Item