Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Meminta Pada Anak Autis Melalui Media PECS (Picture Exchange Communication System)

Murwati, Atik and , Dr. Nisa Rachmah N.A., M.Si, Psi and , Dra. Juliani Prasetyaningrum, M.Si (2013) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Meminta Pada Anak Autis Melalui Media PECS (Picture Exchange Communication System). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (275kB)

Abstract

PECS (Picture Exchange Communication System) merupakan salah satu alat bantu komunikasi yang memiliki sifat mudah, murah dan efektif untuk membantu perkembangan komunikasi anak autisme. Anak autis memiliki kemampuan visual dan gaya belajar visual yang baik sehingga penggunaan PECS diharapkan akan mudah dipahami oleh anak autis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi meminta melalui media PECS pada anak autis dan juga mengetahui dinamika perubahan kemampuan komunikasi meminta anak autis. Partisipan dalam penelitian ini adalah empat anak autis yang melakukan terapi di ”TC” dan ”PB” Surakarta. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara skala kemampuan komunikasi dan worksheet PECS. Metode penelitian ini dengan kualitatif deskriptif dengan rancangan penelitian menggunakan desain ABC. Analisis data dengan menggunakan analisis visual. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan komunikasi meminta pada keempat partisipan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Tiga orang mengalami peningkatan kemampuan komunikasi ketahap early communication stage atau anak sudah bisa secara konsisten berkomuniksi menggunakan media gambar sedangkan satu anak belum meningkat kemampuan komunikasinya dalam tahap requester stage menarik tangan orang lain kalau meminta sesuatu.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi meminta, PECS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Feb 2014 08:05
Last Modified: 26 Oct 2021 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27559

Actions (login required)

View Item View Item