Pengembangan Kurikulum Sekolah Fullday Di SD (Studi Situs Di SDIT Al Muhajirin Sawangan)

Sidiq, Abdul Rozak and , Dr. Eko Supriyanto, SH., M.Hum. and , Drs. H. Maryadi, M.A (2013) Pengembangan Kurikulum Sekolah Fullday Di SD (Studi Situs Di SDIT Al Muhajirin Sawangan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (466kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (342kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] PDF (bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran )
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan kurikulum sekolah full day di SDIT Al Mujirin Sawangan yang terdiri: (1) implementasi kurikulum KTSP. (2). evaluasi kurikulum KTSP. (3). mengembangkan kurikulum standar mutu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian etnografi (etnography studies ) di mana etnografer dalam menyimpulkan berdasar pada: yang dikatakan orang, cara orang bertindak, bukti yang digunakan orang. Menggunakan sumber data dokumen, buku harian, hasil observasi dan wawancara, foto-foto atau video yang diperoleh dari pengurus JSIT korda Kedu, pengurus yayasan, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Data yang dianalisis adalah data-data yang terkait dengan pengembangan kurikulum sekolah full day di SDIT Al Muhajirin Sawangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi kurikulum KTSP yang dilakukan oleh SDIT Al Muhajirin Sawangan sudah sesuai dengan ketentuan BSNP, dengan pembuatan perangkat pembelajaran dilakukan pada awal ajaran baru. Seperti dokumen KTSP, prota, prosem, silabus dan RPP dibuat oleh guru pada awal ajaran. Begitu juga format dan point-point yang tercantum dalam perangkat pembelajaran sudah mengacu pada ketentuan yang di canangkan oleh dinas pendidikan. (2) Evaluasi kurikulum KTSP dilaksanakan oleh kepala sekolah yang melibatkan seluruh guru SDIT Al Muhajirin dengan melibatkan pengurus yayasan dan pengurus JSIT Korda Kedu, evaluasi dilakukan oleh kepala sekolah beserta guru dengan frekwensi satu bulan sekali, sedangkan dengan yayasan dan dengan JSIT Korda Kedu dilakukan setiap tiga bulan sekali. Hasil evaluasi menunjukkan, SDIT Al Muhajirin sudah melaksanakan kurikulum sesuai dengan standar nasioanal. (3) Pengembangan kurikulum dilaksanakan dalam hal pengembangan dokumen KTSP, Prota, Prosem, Silabus dan RPP dengan mengacu pada standar mutu yang dirumuskan oleh JSIT. Pengembangannya dengan memasukkan nilai-nilai keislaman pada setiap dokumentasi yang dibuat oleh guru serta memasukkan nilai-nilai keislaman dalam setiap mapelnya serta memberi tambahan pelajaran muatan lokal yang bercirikan keagamaan dan viii pengembangan diri untuk memberikan pendidikan lifeskill, serta dengan menerapkan nilai-nilai pembiasaan dalam keseharian yang senantiasa dipantau oleh guru di sekolah. Dengan demikian, sekolah yang akan mengembangkan kurikulum yang dirancang harus menerapkan minimal tiga tahapan yang harus dilaluinya, yaitu implemtasi kurikulum yang ada,evaluasi kurikulum dan pengembangan kurikulum sesuai dengan ciri khas dari sekolah yang dikembangkan tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengembangan kurikulum, sekolah full day.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2014 07:01
Last Modified: 20 Oct 2021 02:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27555

Actions (login required)

View Item View Item