Haryasena, Jarot Anton and , Husni Thamrin, S.T, M.T, Ph.D and , Muhammad Kusban, S.T, M.T. (2013) Perancangan Game Edukasi Untuk Anak Usia Dini (4-6 Tahun) Berbasis Android. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi_ilmiah.pdf Download (347kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._halaman_depan.pdf Download (217kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._daftar_pustaka.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (712kB) |
Abstract
Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat telah mengubah model, pola dan media pembelajaran di dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan sendiri sudah banyak aplikasi multimedia pembelajaran baik untuk anak-anak maupun orang dewasa baik itu dalam bentuk aplikasi ataupun game edukasi. Game edukasi sendiri telah dibuktikan dapat menunjang proses pendidikan, dan game edukasi unggul dalam beberapa aspek jika dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Salah satu keunggulan yang signifikan adalah adanya animasi yang mampu menarik perhatian anak dalam mengenal suatu hal dan juga dapat meningkatkan daya ingat anak tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba membuat sebuah game yang mampu digunakan untuk anak usia dini dalam melatih daya ingatnya dan sambil mengenal angka, huruf, hewan, buah dan juga warna. Pengolahan permainan dalam game ini menggunakan eclipse sebagai media untuk perancangan dan pembuatannya serta menggunakan sistem operasi android jelly bean untuk media pengoperasiannya. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah game edukasi yang mampu digunakan untuk melatih daya ingat pada anak dan hasil pengujian yang dilakukan bahwa game ini bernilai cukup baik untuk melatih daya ingat sambil mengenal angka, huruf, hewan, buah, dan warna dengan menganalisa hasil kuesioner yang diberikan kepada guru di TK Aisyiyah Karangwoni.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, edukasi, melatih daya ingat |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 08:14 |
Last Modified: | 02 Nov 2022 08:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27353 |
Actions (login required)
View Item |