Representasi Pria Metroseksual Dalam Video Klip Smash (Analisis Semiotika Representasi Pria Metroseksual Melalui Personil Band Dalam Video Klip Smash)

Qodaralam, Sandi Arganata and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. and , Rinasari Kusuma, M.I.Kom (2013) Representasi Pria Metroseksual Dalam Video Klip Smash (Analisis Semiotika Representasi Pria Metroseksual Melalui Personil Band Dalam Video Klip Smash). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (350kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (397kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)

Abstract

Di tuntut dengan gaya hidup yang lebih maju dunia pada akhirnya melahirkan tipikal pria metroseksual. Smash merupakan suatu grup band musik yang terkenal di Indonesia. Dalam pengemasan video klipnya terdapat simbolsimbol yang mengandung unsur pria metroseksual. Lantas bagaimana pria metroseksual digambarkan pada video klip Smash. Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan analisis Semiotika Roland Barthes yang mengkaji pemaknaan simbol pada beberapa tahap yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Fokus penelitian ini mengarah pada visualisasi gambar yang merepresentasikan pria metroseksual melalui empat video klip yang berjudul I Heart U, Rindu Ini, Pahat Hati, Senyum Semangat. Hasil penelitian menunjukan bahwa simbol pria metrosesksual ditampilkan secara beragam pada ke-empat video klip yang diteliti. Simbolsimbol tersebut merupakan suatu konstruksi identitas dari para personil grupband Smash. Secara umum simbol dikatagorisasikan menjadi tiga yaitu Pakaian, Gaya Rambut, Aksesoris. Sedangkan scara ditail terdapat 14 simbol yang direpresentasikan yaitu :Jas (Tuxedo), Motif stripes, Motif scream, Berkerah “V”, Gaya Rambut Berponi, Emo, mohawk, cepak, Aksesoris Anting, Cincin, Kacamata hitam, Topi Bowler, Kalung Power Balance dan Kawat Gigi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Pria Metroseksual, Video Klip Smash.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 06 Jan 2014 11:52
Last Modified: 23 Oct 2021 06:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27279

Actions (login required)

View Item View Item