Analisis Kuat Tekan Dan Kuat Tarik Beton Mutu Tinggi Menggunakan Mix Design Speedcrete Dengan Bahan Tambah Sika Viscocrete - 10

Liliana, Reny and , Ir. H. Suhendro Trinugroho, M.T. and , Ir. H. Henry Hartono, M.T. (2013) Analisis Kuat Tekan Dan Kuat Tarik Beton Mutu Tinggi Menggunakan Mix Design Speedcrete Dengan Bahan Tambah Sika Viscocrete - 10. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (362kB)

Abstract

Pembangunan dibidang struktur semakin mengalami kemajuan yang sangat pesat yang berlangsung di berbagai bidang, misalnya : gedung, jembatan, tower, dan sebagainya. Inovasi teknologi beton selalu dituntut untuk menjawab tantangan akan kebutuhan, beton yang dihasilkan diharapkan mempunyai kualitas tinggi meliputi kekuatan dan daya tahan tanpa mengabaikan nilai ekonomis. Dalam pembangunan gedung-gedung bertingkat tinggi dibutuhkan beton kekuatan tinggi, beton mutu tinggi merupakan pilihan yang tepat. Usaha untuk mendapatkan beton mutu tinggi yaitu dengan meningkatkan mutu material, misalnya kekerasan agregat dan kehalusan butir semen. Penelitian dilakukan untuk mengetahui besar peningkatan kuat tekan dan kuat tarik beton mutu tinggi maksimum dengan dengan mix design speedcrete dan penambahan bahan tambah Sika Viscocrete - 10 nilai fas 0,35 pada pengujian umur 7 hari, 14 hari dan 28 hari. Metode perancangan yang digunakan ialah SNI 03-6468-2000 ( Pd T-18-1999- 03). Semen yang digunakan dengan merk Holcim, agregat kasar berasal dari Gunung Kidul, agregat halus berupa abu batu (dust), yang berasal dari pecahan agregat kasar yang berasal dari Boyolali, bahan tambah berupa abu terbang (fly ash) yang mengandung silica berasal dari sisa pembakaran batubara, serta additive yang digunakan Sika Viscocrete - 10 buatan PT.Sika Nusa Pratama, Bogor. Benda yang digunakan pada penelitian ini berupa silinder beton dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm. Sampel yang dipakai tiap umur pengujian berjumlah 5 sampel dengan total 60 sampel. Hasil pengujian kuat tekan rata-rata beton mutu tinggi dengan bahan tambah Viscocrete - 10 pada umur pengujian 7 hari meningkat 42,08%, umur pengujian 14 hari meningkat 23,96% dan pada umur pengujian 28 hari meningkat 11,10%. Hasil pengujian kuat tarik rata-rata beton mutu tinggi dengan bahan tambah Viscocrete - 10 pada umur pengujian 7 hari meningkat 47,65%, dan umur pengujian 14 hari meningkat 40,64% dan pada umur pengujian 28 hari meningkat 19,28%. Biaya pembuatan beton mutu tinggi menggunakan bahan tambah Sika Viscocrete - 10 lebih mahal Rp. 25.650,00 dari biaya pembuatan beton mutu tinggi tanpa bahan tambah Sika Viscocrete - 10.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Beton Mutu Tinggi, Speedcrete, Sika Viscocrete - 10
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Dec 2013 07:21
Last Modified: 04 Nov 2021 15:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27101

Actions (login required)

View Item View Item