Samto, Samto and , Drs. Samino, MM. (2013) Peningkatan Kreativitas Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kuwawur 02 Kec. Sukolilo Kab.Pati Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (127kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (463kB) |
|
|
PDF (Bab I)
1.__BAB_1.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
2.__BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab III)
3.__BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab IV)
4.__BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) |
||
PDF (Bab V)
4.__BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
5._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar mata pelajaran IPA melalui metode demonstrasi. Penelitian yang digunakan ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Kuwawur 02 pada tanggal 01 Juli 2013. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dan siklus kedua dilakukan masing-masing satu kali pertemuan. Subjeknya siswa kelas IV SDN Kuwawur 02 yang berjumlah 34 siswa dan objeknya adalah kreativitas belajar siswa serta metode demonstrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Indikator kreativitas belajar IPA adalah sebagai berikut: (1) rasa ingin tahu; (2) daya imajinasi kuat; dan (3) minat yang luas, ulet dan tekun dalam mengerjakan tugas. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kreativitas belajar siswa kelas IV SDN Kuwawur 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kreativitas belajar siswa rendah dengan presentase 45%. Pada siklus I terdapat kreativitas belajar siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kreativitas belajar siswa 56,8% dan pada siklus II kreativitas belajar siswa sangat baik dengan presentase 80,3%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kreativitas belajar bagi siswa dengan penerapan metode demonstrasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan; kreativitas; belajar; metode demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 12:57 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26992 |
Actions (login required)
View Item |