Marttalita, Kardika Ita and , Dr. Samino MM (2013) Peningkatan Minat Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Monolog Role Playing For Discussion Pada Siswa Kelas VI SD N Growong Lor 03 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (436kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (248kB) |
|
|
PDF (Bab I)
1._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
2._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
3._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Bab IV)
4.__BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) |
||
PDF (Bab V)
5.__BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
6._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan model pembelajaran Monolog Role Playing for Discussion. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri Growong Lor 03 Juwana yang berjumlah 27 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Prosedur penelitian meliputi tahap: identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana tindakan, implementasi tindakan, pengamatan, dan penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan hasil observasi minat belajar, nilai unjuk kerja dan nilai tes formatif yang meningkat dari siklus I dan siklus II. Pada Siklus I nilai rata-rata minat belajar sebesar 80 (kategori “berminat”) dan Siklus II sebesar 94 (kategori “sangat berminat”). Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Monolog Role Playing for Discussion mampu meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VI SD Negeri Growong Lor 03 Kecamatan Juwana Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013- 2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Monolog Role Playing for Discussion |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 07:46 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26978 |
Actions (login required)
View Item |