Mustiah, Mustiah and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2013) Penerapan Metode Inquiry Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Tambaharjo 01 Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (714kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (420kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian adalah rendahnya perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena anak didik kurang memahami materi yang disampaikan melalui metode ceramah. Selain itu, guru kurang terampil dalam menggunakan berbagai strategi atau metode pembelajaran yang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Tambaharjo 01 Kecamatan Pati . Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang (yang terdiri dari 19 putra dan 16 putri) dan guru kelas IV SD Negeri Tambaharjo 01 Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Sedangkan obyek penelitian ini adalah tentang ketrampilan berbicara menjelaskan petunjuk penggunaan alat dengan bahasa yang komunikatif. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap siklus. Setiap siklus berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik interaktif data yang digunakan melalui mereduksi data yang diperoleh di lapangan, mendisplaykan data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Metode pengumpulan data yang digunnakan melalui metode tes, wawancara, dokumentasi, observasi. Hasil penelitian dengan menerapkan metode inquiry hasilnya cukup memuaskan. Hal ini dapat ditunjukkan dari rata-rata ketuntasan hasil belajar yang diperoleh semakin meningkat. Pembelajaran awal atau Pra Siklus persentase ketuntasan belajar siswa 23%, Siklus I (1) persentase ketuntasan hasil belajar siswa 31%, Siklus I (2) persentase ketuntasan belajar siswa 63%, Siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa 86%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan metode inquiry dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa kelas IV SDN Tambaharjo 01.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode inquiry, motivasi belajar, bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 02 Dec 2013 12:33 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26964 |
Actions (login required)
View Item |