Penggunaan Strategijigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gejala Alam (Ipa) Siswa Kelas III SD Negeri 1 Jomboran Klaten Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013

Mustabsiroh, Mustabsiroh and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Penggunaan Strategijigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gejala Alam (Ipa) Siswa Kelas III SD Negeri 1 Jomboran Klaten Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
pdf_jurnal_publikasi.pdf

Download (870kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
pdf_1_halaman_depan.pdf

Download (401kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
pdf_bab_1.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
pdf_bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
PDF_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img] PDF (Bab IV)
PDF_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] PDF (Bab V)
PDF_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
PDF_7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Lampiran)
pdf_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan strategi Jigsawpada siswa kelas III di SD N 1 Jomboran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD N 1 Jomboran yang berjumlah 31 siswa dengan jumlah anak laki-laki 15 dan perempuan 16. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunaka nobservasi, evaluasi (tes), dandokumentasi, validitasnya menggunakan validitas data dan validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan strategi Jigsaw pada pemb elajaran IPA terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD N 1 Jomboran. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari rata-rata prasiklus 55,1 dengan kategori sangat kurang. Kemudian setelah diberi perlakuan melalui siklus I, nilai rata rata menjadi 67,4. Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 75,8 dengan kategori sangat baik sehingga mencapai tingkat ketuntasan 93,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Jigsaw, gejala alam (IPA).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Nov 2013 07:46
Last Modified: 27 Oct 2021 07:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26948

Actions (login required)

View Item View Item