Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Teams Accelerated Instruction) Kelas V Sdn Mojoluhur Tahun Pelajaran 2013/2014

Nikmah, Fitrotun and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Teams Accelerated Instruction) Kelas V Sdn Mojoluhur Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (302kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (381kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Accelerated Instruction) kelas V SDN mojoluhur tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data untuk lembar observasi dengan menghitung prosentase tiap indikator, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar dengan memberikan tes tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Accelerated Instruction) di kelas V SDN Mojoluhur, keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya tiap indicator yang telah ditetapkan yaitu, Keberanian menjawab pertanyaan pra siklus 40 %, siklus I 66,67 % dan siklus II 80 %, Kesungguhan dalam mengikuti pembelajaran pra siklus 46,67 %, siklus I 73,33 % dan siklus II 93,33 %, Usaha untuk menyelesaikan tugas pra siklus 40 %, siklus I 60 % dan siklus II 86,67 %, Kebebasan mengutarakan pendapat pra siklus 26,67 %, siklus I 53,33 % dan siklus II 80 %. Dari indikator pencapaian yang sudah sesuai dengan target yaitu keberhasilan sekurang-kurangnya 75 % dan hasil tersebut sudah dicapai pada siklus II dengan hasil : keberanian menjawab pertanyaan 80 %, kesungguhan dalam mengikuti pembelajaran 93,33 %, usaha untuk menyelesaikan tugas 86,67 % dan keberanian mengutarakan pendapat 80 %. Sehingga tidak perlu dilakukan tindak lanjut lagi karena sudah sesuai dengan harapan peneliti. Hasil belajarpun dibuktikan dengan megalami peningkatan ketuntasan, prosentase ketuntasan yang diperoleh pada pada siklus I sebanyak 9 siswa atau 60 %, prosentase ketuntasan yang diperoleh pada siklus II sebanyak 13 siswa atau 88,67 %. Sehingga tidak perlu dilakukan tindak lanjtu lagi karena sudah sesuai dengan harapan peneliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Teams Accelerated Instruction), IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:58
Last Modified: 27 Oct 2021 07:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26945

Actions (login required)

View Item View Item