Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Strategi CTL pada Siswa Kelas IV SDN Tayuwetan 03 Tahun Pelajaran 2013/2014

Nida, Afika Khoirun and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Strategi CTL pada Siswa Kelas IV SDN Tayuwetan 03 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (298kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPA melalui strategi CTL. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Tayuwetan 03 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing – masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis interaktif yang terdiri dari 4 komponen, yaitu: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Minat belajar IPA kelas IV tertarik pada pelajaran yaitu pada Siklus I 63,33%, meningkat pada Siklus II menjadi 83,33%, merasa senang dalam belajar, yaitu pada Siklus I 70% meningkat pada Siklus II menjadi 86,67%, tertarik pada guru, yaitu pada Siklus I 60%, meningkat pada Siklus II menjadi 83,33%, konsentrasi dalam belajar, yaitu pada Siklus I 60% meningkat pada Siklus II menjadi 80%, teliti dalam belajar, yaitu pada Siklus I 66,67% meningkat pada Siklus II menjadi 76,67%.. Hal ini membuktikan bahwa dengan menggunakan strategi CTL dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat, Strategi CTL, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Nov 2013 12:43
Last Modified: 27 Oct 2021 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26939

Actions (login required)

View Item View Item